MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA SEKOLAH CALON KADER PENDIDIK & PEMIMPIN PUTRI ISLAM 6 TAHUN            PPDB Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Gelombang II Dimulai Tanggal 19 April 2014

Halaman Depan

Agenda Siswi Kelas VI

Agenda Siswi Kelas VI Pasca UN 2014 

No

Tanggal

Nama Kegiatan

Keterangan

1

16-18 April 2014

 

Diperbolehkan pulang ke rumah

2

18 April 2014

Kembali ke Asrama

Maksimal jam 17.00 WIB

3

19 April 2014

Berangkat Baitul Arqom Purna

Kumpul di Jl. KH. A. Dahlan jam 06.30 WIB

4

19-20 April 2014

Baitul Arqom Purna

Di Wisma Sargede

5

21-25 April 2014

Persiapan Uji Kompetensi Kemuhammadiyahan

Diperbolehkan pulang ke rumah

6

25 April 2014

Kembali ke Asrama

Maksimal jam 17.00 WIB

7

26 April 2014

Sosialisasi Uji Kompetensi Kemuhammadiyahan jam 08.00 WIB

Di Madrasah Mu'allimaat Muh. Yk.

8

27 April 2014

Uji Kompetensi Kemuhammadiyahan

Gedung PP. Muhammadiyah dan PP. ‘Aisyiyah

9

28-29 April 2014

 

Diperbolehkan pulang ke rumah

10

29 April 2014

Kembali ke Asrama

Maksimal jam 17.00 WIB

11

30 April 2014

Gladi Bersih Perpisahan

Di Madrasah jam 14.00 WIB

12

01 Mei 2014

Perpisahan

 

13

2-30 Mei 2014

 

 Diperbolehkan pulang ke rumah

14

20 Mei 2015

Pengumuman Kelulusan UN

Di Madrasah Mu'allimaat Muh. Yk.

15

30 Mei 2014

Siswi Sudah berada di Asrama

Maksimal jam 17.00 WIB

16

31 Mei 2014

Gladi Bersih Pelepasan ( ba'da Dzuhur )

Di SMSR

17

01 Juni 2014

a. Pelepasan

b. Batas Akhir di Asrama

Di SMSR

 

Ujian Nasional 2014

PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL DI MA. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH BERAKHIR

Alhamdulillah pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/MA di Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogykarta hari ini tanggal 16 April 2014 telah berakhir . Ujian Naional berlangsung selama 3 hari dari tanggal 14 – 16 April 2014 diikuti 160 siswi dan ada 1 siswi dari jurusan IPS yang tidak dapat mengikuti ujian pada hari ke-2 dan ke-3, dikarenakan sakit. Secara keseluruhan ujian berlangsung dengan lancar, hanya pada hari ke-3 ada LJUN yang rusak dan alhamdulillah dapat diatasi dengan mengambil naskah soal pada ruang lain dengan menuliskan di berita acara demikian penjelasan dari Sie Kepengawasan Ust. Ari Supriyanto, ST.

Dalam acara penutupan pelaksanaan UN, Direktur Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Ustadzah Agustyani Ernawati, S.Pd, mengucapkan terima kasih kepada Guru Pengawas, Pengawas Satuan Pendidikan, Aparat keamanan, dan semua yang mendukung pelaksanaan ujian nasional di MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Semoga kerja sama dan jalinan silaturrahmi ini tetap terjalin dan semoga kesuksesan didapat bagi MA Mu’allimaat Muhammadiyah maupun SMA/MA bapak/ibu pengawas semua, demikian harapan Ibu Direktur. Sedangkan dari Pengawas Satuan Pendidikan diwakili oleh Bapak Haryanto, SH., M.Hum mengatakan bahwa secara keseluruhan proses pelaksanaan UN berjalan dengan baik. Demikian juga yang dikatakan oleh Bapak Dra. Endang Sudiyaman selaku perwakilan dari Guru Pengawas bahwa pelaksanaan UN berjalan dengan baik dan siswi-siswi Mu’allimaat sudah terbiasa terkondisi dalam suasana ujian sehingga ketertiban dan ketenangan dapat terjaga.

Semoga siswi-siswi kelas VI (XII) Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dapat lulus dengan nilai yang baik dan dan menjadi penerus dakwah Muhammadiyah. Amin. (pk)

 

Mubaligh Hijrah 2014

PEMBEKALAN MUBALIGH HIJRAH

MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

     

Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dikenal sebagai madrasah bagi calon pemimpin putri Islam dan gudangnya calon mubalighot. Penerjunan para mubalighot yang disebut dengan Mubaligh Hijrah dilaksanakan setiap bulan Ramadan selama 20 hari pertama. Program Mubaligh Hijrah ini diikuti oleh para siswi kelas XI Madrasah Aliyah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakaarta. Persiapan untuk membentuk para  mubalighot Madrasah Aliyah Mu’allimaat ini melalui menjadi program tahunan dan melalui beberapa tahapan. Yang Pertama,  sejak kelas X para siswi Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sudah dibentuk Tim Dakwah Lokal (TDL). Tim Dakwah Lokal diterjunkan di Taman Pendidikan Al Qur’an yang ada di sekitar Madrasah Mu’allimaat Muhamamdiyah Yogyakarta. Yang kedua, persiapan Mubaligh Hijrah di asrama. Pembiasaan para calon Mubalighot yang dilaksanakan di asrama antara lain pembiasaan para siswi untuk membantu urusan dapur setiap hari Jum’at (hari libur). Hal ini dimaksudkan agar ketika para siswi berada di lokasi Mubaligh Hijrah mereka juga terbiasa membantu “induk semang” mereka. Yang Ketiga, para siswi juga berlatih khitobah (khutbah) di asrama sesuai jadwal yang ditentukan. Yang keempat, pembekalan para peserta calon Mubaligh Hijrah.

      Pembekalan calon peserta Mubaligh Hijrah ini dilaksanakan pada tanggal 13-14 April 2014. Pembekalan Mubaligh Hijrah tahun 2013/2014  dibagi menjadi dua lokasi. Lokasi pertama bertempat di Kantor PP Muhammadiyah Jalan KHA Dahlan dan diikuti 50 siswi. Penanggung jawab di lokasi ini adalah Ustadzah Sri Kurniati, S.Psi., Ustadzah Atun Priyati, S.Pd., dan Ustadzah Betti Hermayuwati, S.Pd.. Lokasi kedua bertempat di PAY Putri dan diikuti oleh 108 siswi. Penanggung jawab di lokasi ini adalah ustadzah Dwi Susilowati, S.Pd., Ustadzah Unik Rosyidah, M.Pd., dan Ustadzah  Dian Malahayati, S.Psi..

    Pada hari pertama kegiatan pembekalan Mubaligh Hijrah para siswi terlebih dahulu mendapatkan orientasi MH, harapan dan tujuan yang harus dijalankan saat berkeiprah di masyarakat. Adapun pematerinya adalah Ustadz Atang Solihin, S.Pd.I, di Kantor PP Muhammadiyah Jalan KHA Dahlan dan pemateri di PAY Putri adalah Ustadzah Unik Rosyidah, M.Pd..  Selanjutnya, materi kedua tentang Personality Etik dan Estetika disampaikan oleh para pamong yang akan ditempati. Tujuan penyampaian materi ini adalah para mubaligh nantinya dapat mengetahui kondisi dan keadaan sosial budaya lingkungan yang baru (tempat mereka berdakwah), cara memecahkan masalah dengan benar, sopan santun sebagaimana orang Jawa (mengingat para siswi berasal dari seluruh nusantara), cara berkomunikasi dengan orang tua, remaja, teman sebaya, anak-anak secara baik. Pemateri di lokasi Kantor PP Muhammadiyah Jalan KHA Dahlan disampaikan oleh Bapak Yulianto dan Ibu Liesna (suami isteri) dari lokasi MH Moyudan Sleman. Sementara itu, Pembekalan di lokasi PAY Putri Serangan disampaikan oleh Bapak Eka Pranyana pamong MH dari Ngasem Pathuk Gunung Kidul.

        Pada hari kedua, kegiatan dimulai pukul 07.00-13.00 WIB. Materinya adalah Peta Dakwah. Materi Peta Dakwah ini berkaitan dengan kondisi dan tantangan di lokasi tempat mereka berdakwah nanti. Adapun lokasi yang digunakan untuk berdakwah para siswi sekitar DIY dengan rincian sebagai berikut.

  1. Kabupaten Sleman  meliputi Moyudan, Minggir, Cangkringan
  2. Kabupaten Bantul  meliputi  Bantul Kota, Kasongan, Imogiri
  3. Kabupaten Kulon Progo meliputi Nanggulan, Panjatan, Lendah
  4. Kabupaten Gunung Kidul meliputi Pathuk, Nglipar, Karangrejek, Tanjungsari, lokasi dekat Pantai Baron, Krakal, Kukup.

      Pemateri Peta Dakwah pada pembekalan di Kantor PP Muhammadiyah Jalan KHA Dahlan disampaikan oleh Ustadzah Atun Priyati, S.Pd., sedangkan di PAY Putri Serangan disampaikan oleh Ustadzah Dwi Susilowati, S.Pd.. Materi Peta Dakwah diberikan kepada para siswi sesuai dengan lokasi penempatan masing-masing yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok  sebelumnya. Tujuan penyampaian materi ini adalah agar para siswi mengetahui gambaran medan dakwah yang akan mereka tempati. materi selanjutnya adalah paparan program dan praktik membuat program yang akan dijalankan di lokasi tempat mereka berdakwah. Materi ini disampaikan oleh Ustadzah Sri Kurniati, S.Psi. (di Kantor PP Muhammadiyah Jalan KHA Dahlan) dan Ustadzah Unik Rosyidah, M.Pd. (di PAY Putri Serangan). Materi pembekalan yang terakhir adalah pembekalan ketrampilan. Pembekalan materi ketrampilan ini bertujuan agar para sisiwi memiliki bekal ketrampilan untuk disampaikan kepada masyarakat di lokasi Mubaligh Hijrah. Pemateri ketrampilan di Kantor PP Muhammadiyah Jalan KHA Dahlan disampaikan oleh Ustadzah Rahma Wuri yang memberikan materi ketrampilan dari kain flannel yang dibuat menjadi gantungan kunci dan bros. Sementara itu, penyampaian materi ketrampilan di PAY Putri Serangan disampaikan oleh Ustadzah Herlina Lusi Annawaty, S.Pd..  

     Para siswi mengikuti pembekalan dengan penuh semnagat karena pembekalan ini akan berguna sebagai ilmu yang akan diamalkan dalam berdakwah di masyarakat. Semoga harapan masyarakat yang besar terhadap Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk dapat melahirkan para mubalighot melalui program ini bisa terwujud. Dengan demikian,  Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mampu melahirkan kader persyarikatan, para pemimpin putri Islam yang mampu menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna di masyarakat. Amin. (DS, LN)

 

 

UN 2014

Pelaksanaan UN 2014 di MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yk.

 

Mulai hari ini tanggal 14 April sampai 16 April 2014 Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) 2014 tingkat MA. Untuk tahun ini sebanyak 160 siswi mengikuti ujian nasional, yang terdiri dari  83 siswi jurusan IPA, 67 siswi jurusan IPS, dan 10 siswi jurusan Keagamaan. Kepengawasan ruang ujian dilakukan oleh 23 guru dari luar MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta ditambah 2 orang pengawas satuan pendidikan dari UGM. Materi yang diujikan meliputi :

No

Hari Tanggal

Jurusan IPA

Jurusan IPS

Jurusan Keagamaan

1

Senin, 14 April 2014

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

Biologi

Geografi

Hadits

2

Selasa, 15 April 2014

Matematika

Matematika

Matematika

Kimia

Sosiologi

Fikih

3

Rabu, 16 April 2014

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Fisika

Ekonomi

Tafsir

 

 

 

 

 

 

Sebelum para siswi memasuki ruang ujian, terlebih dahulu berbaris dan berdo’a bersama dengan harapan kondisi para siswi lebih tenang dan percaya diri dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional.

Menurut Pembantu Direktur Bidang Kurikulum, Ustadzah Risfiana, S.Ag berbagai persiapan telah dan sedang dilaksanakan pihak Madrasah dalam rangka sukses UN 2014 yang tercakup dalam “Kegiatan Program Sukses Ujian Nasioanal 2014”. Kegiatan tersebut antara lain meliputi : Kontrak Belajar, Bimbingan Belajar Sore, Bimbingan Belajar dari Ganesha Operation, Try Out, Jamaah dan Tausiyah, serta Pendampingan belajar. Semoga siswi –siswi MA Mu’allimaat dapat lulus 100 % dalam pelaksanaan UN 2014 dan mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat, demikian harapan Ust. Risfiana.(pk)

 

 

Monday the 21st. Admin Web Mu'allimaat
Powered by Admin Mu'at!Make Money Online